Selasa, 15 Maret 2016

Sharing Folder dengan Samba menggunakan VMWare (Debian)

Selamat datang lagi di blog saya , sekarang saya akan menjelaskan tentang sharing folder(samba) menggunakan VMWare debian ke Windows. Lansung saja saya akan menjelaskan caranya :

1. Pertama-tama login terlebih dahulu dengan root, setelah itu lihat terlebih dahulu gambar disc dibawah,apakah sudah terconnect dengan iso debian atau belum jika sudah, kita memulai memasukkan perintah "apt-get intall samba" untuk menginstall sambanya.
2. Jika ada pilihan y/n pilih y dan akan keluar memasukkan nama workgroupnya,masukkan namanya contoh saya menggunakan nama "Belajar Samba"
 3.Setelah itu kita akan mengatur configurasi samba dan mengatur folder yang di kita akan sharingkan dengan perintah "nano /etc/samba/smb.conf".
 

4. Sekarang kita sudah masuk ke dalam smb.conf nya sekarang cari kata "WORKGROUP" setalah dapat ganti nama workgroup dengan nama workgroup yang kita atur tadi (jika sudah sama,tidak perlu diatur lagi).
5. Habis itu kita mengatur securitynya cari kata "Security" didepan security ada (#) hapus tanda (#) jika tidak dihapus perintah itu di baca comment. setelah hapus ganti securitynya dengan "share".

6. Setelah ganti securitynya , kita sekarang mengatur folder yang ingin kita sharingkan. Saya menggunakan nama folder yang kita sharing dengan "share" sebelum itu kita cari kata "[homes]" ketikkan diatas "[homes]",
 tambahan : comment = untuk menambahkan comment jika tidak ada comment juga tidak apa-apa
path = untuk tempat penyimpanan folder yang kita sharing.(saya gunakan folder /belajar di dalam folder /home)
browseable = untuk di search/dijelajah jika "yes". kalau "no" tidak bisa di jelajah/search.
read only = untuk dibaca saja tidak bisa di apa-apakan jika "yes" kalau "no" maka fungsinya tidak berguna.
guest ok = untuk guest/client di izinkan untuk access folder tersebut
valid users = untuk user yang di izinkan saja, jika tidak dizinkan maka tidak bisa buka folder tersebut, jika 2 user bisa dengan contoh "user,user1".
create-mask = untuk membuat file dengan 777 karena untuk membuat access full.
directory-mask = untuk membuat folder sama seperti "create-mask".
writeable = untuk mengizinkan user untuk menulis dengan "yes" kalau "no" tidak dizinkan.


7. Setelah mengatur kita keluar jangan lupa save. sekarang kita akan membuat user , tadi nama user yang saya pakai di valid users adalah "abcd". kita ketikkan perintah "adduser (nama user)". masukkan passwordnya dan lain-lain. jika ada pilihan "y/n" pilih "y".
8. Jika sudah membuat usernya sekarang kita daftarkan usernya ke dalam samba. Dengan perintah "smbpasswd -a (nama user)" masukkan seperti biasa passwordnya. Passwordnya boleh disamakan dengan password user tadi.
9. Jika sudah kita membuat folder yang tempat penyimpanan yang kita atur tadi di /home kita buat dengan perintah "mkdir (nama folder)" setelah itu kita masukkan perintah "chmod 777 -R (tempat penyimpanannya)" chmod berguna untuk mengizinkan user full acces ke foldernya.
10. Setelah mengatur semua kita restart dengan perintah "/etc/init.d/samba restart".
11. Sekarang kita bermain di Windows buka "Open Network dan Sharing Center" => "change adapters settings" => contoh saya gunakan Virtual1 => buka properties => Internet Protokol Version 4 => atur ip nya (atur dengan sama networknya" seperti gambar dibawah.



12. Setelah atur ipnya kita sekarang buka folder sharingnya bisa dengan "Windows(disamping CTRL) + R"
ketikkan "\\(ip debiannya)".
13. Jika sudah akan keluar seperti dibawah masukkan "nama user dan password user" password usernya pakai yang samba. maka akan keluar seperti dibawah.

14. Jika sudah seperti saya berarti sudah berhasil , jika belum maka perintah nya ada yang salah , jika salah silahkan ulangi lagi.^_^


Sekian dari penjelasan saya jika ada kata-kata yang tidak dimengerti mohon maaf, jika ada langkah yang tidak jelaskan silahkan comment dibawah , saya menerima kritikan atau commet, sekian terima kasih.


 


 




0 komentar:

Posting Komentar